//
you're reading...
Sungai

Air sungai yang tercemar (gak pertawan lagi)

Pencemaran air di Indonesia sebagian besar diakibatkan oleh aktifitas manusia yang meninggalkan limbah pemukiman, limbah pertanian, dan limbah industri termasuk pertambangan. Limbah pemukiman mempunyai pengertian segala bahan pencemar yang dihasilkan oleh daerah pemukiman atau rumah tangga. Limbah pemukiman ini bisa berupa sampah organik (kayu, daun dll), dan sampah nonorganik (plastik, logam, dan deterjen).

Limbah pertanian mempunyai pengertian segala bahan pencemar yang dihasilkan aktifitas pertanian seperti penggunaan pestisida dan pupuk. Sedangkan limbah industri mempunyai pengertian segala bahan pencemar yang dihasilkan aktifitas industri yang sering menghasilkan bahan berbahaya dan beracun (B3).

Asian Development Bank (2008) pernah menyebutkan pencemaran air di Indonesia menimbulkan kerugian Rp 45 triliun per tahun. Biaya yang akibat pencemaran air ini mencakup biaya kesehatan, biaya penyediaan air bersih, hilangnya waktu produktif, citra buruk pariwisata, dan tingginya angka kematian bayi.

Dampak lainnya yang tidak kalah merugikan dari pencemaran air adalah terganggunya lingkungan hidup, ekosistem, dan keanekaragaman hayati. Air yang tercemar dapat mematikan berbagai organisme yang hidup di air.

Saya merindukan masa-masa kecil saya ketika saya bisa bebas bermain di sungai-sungai kecil dengan airnya yang bersih jernih, bebas dari berbagai polutan. Mengejari ikan wader. Sobat-sobat juga merindukannya

Nggak Perawan Lagi oleh: Slank

Berenang ditepi pantai ..banyak minyak, sampah dan kotoran .. Aku nyebur menerjang ombak, bikin lengket badan dan rambut .. Lepas kail tepi sungaai ..air-nya coklat dan berbusa .. Nggak ada ikan yang nyangkut .. bikin gaatel kulit dan bau …
Lautku ‘nggak biru2’ lagi Sungaiku ‘nggak jernih2’ lagi Alamku ‘nggak bagus2’ lagi Alamku ‘nggak prawan2’ lagi
Lereng dan pegunungan ..penuh lapangan golf dan villa.. Nggak ada yang nahan air.. bikin banjir kota-kota Lihat hutan daari pesawat..mana solusi Indonesia ..? Imagiku hutan rimba yang ada botak dan tandus ..
Gunungku ‘nggak hijau2’ lagi Hutanku’nggak lebat2’ lagi Alamku’nggak bagus2’ lagi Aalamku ‘nggak prawan2’ lagi

 

 

About Hijaukubumiku

Jangan Pernah berhenti Untuk memperkecil Kerusakan lingkungan Satu Pohon seribu Kehidupan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Coretan Dinding

%d bloggers like this: