//
you're reading...
Arum Jeram

Perlengkapan Arung Jeram

Perlengkapan merupakan salah satu prasyarat dalam kegiatan arung jeram. Berbagai macam peralatan dapat digunakan untuk berarung jeram. Beberapa perlengkapan yang di uraikan dibawah ini adalah yang umum di gunakan dalam pengarungan di sungai.

Perahu, Digunakan dalam berarung jeram bukan hanya sekedar yang bisa mengembang. Perkembangan jaman sangat cepat. Perahu di tahun 80an keatas sudah dapat mengeluarkan air secara otomatis (Self Bniling), dapat melakukan manuver dengan sangat cepat, sangat kokoh, mempunyai 4 tabung udara yang akan saling mendukung (bila salah satu tabung bocor). Ukuran perahu karet bervariasi dari 8 sampai 30 kaki. Yang biasa digunakan untuk berarung jeram antara 12 sampai 18 kaki tergantung dari sungai yang akan di arungi.

Pompa, Sangat penting dan apabila perlu dapat dibawa pada saat pengarungan. Berguna bila tabung-tabung udara tersebut kempis. Jangan mempergukan kompresor untuk memompa perahu karena udara yang di keluarkan oleh kompresor adalah udara panas.

Pelampung, Guna dari pelampung adalah untuk mengangkat tubuh ke atas permukaan air yang bergolak. Pelampung harus nyaman dan enak di pakai, pas dibadan tidak melorot ke atas waktu di air.Daya apung pelampung harus sesuai dengan berat badan. Jika daya apung terlalu tinggi badan kita akan mudah tertahan arus balik.

Helm, Harus tertutup sampai bagian telinga, ringan mempunyai sirip yang kokoh. Pada bagian dalam terdapat busa yang padat yang dapat dengan cepat mengeluarkan air dari dalam helm. Dianjurkan untuk mengunakan helm berwarna cerah, karena pada waktu berenang di jeram yang muncul keluar adalah bagian kepala.

Dayung, Ringan kuat sebaiknya berwarna cerah karena jika terlempar ke air akan mudah terlihat. Ukuran dayung tergantung dari ukuran diameter tabung perahu yang digunakan. Dalam setiap pengarungan sebaiknya kita membawa tabung cadangan karena alat ini paling sering hilang atau patah.

Carabiner, Berguna untuk menggantungkan barang-barang, berguna untuk alat rescue dan banyak lagi lainnya. Untuk di sungai sebaiknya terbuat dari alumunium dan bukan jenis screw gate karena pengamannya mudah macet. Sebaiknya setiap orang membawa satu.

Peluit, Melakukan komunikasi di jeram sangat sulit, suara jeram sangat keras. Untuk mengatasinya diperlukan peluit dibantu aba-aba dengan tangan atau dayung.

 

 

P3K, Kemungkinan cedera ringan sampai yang terberat harus kita perhitungkan. Obat-obatan dan perlengkapan yang dibawa harus di sesuaikan dengan medan yang akan diarungi, cuaca pada waktu itu dan lain-lain.

 

About Hijaukubumiku

Jangan Pernah berhenti Untuk memperkecil Kerusakan lingkungan Satu Pohon seribu Kehidupan

Discussion

4 thoughts on “Perlengkapan Arung Jeram

  1. huaaa….
    i wanna do it. arung jeram, its survival. thanks for this one ya

    Posted by dinnanorris | 10 March 2011, 10:11
  2. nice,,🙂

    Posted by dithasaripramesti | 21 March 2011, 14:21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Coretan Dinding

%d bloggers like this: