//
you're reading...
Arum Jeram

Tips berarung jeram bagi pemula

Mungkin kita akan sedikit ngeri ketika mendengar kata arum jeram, apalagi bagi orang yang sama sekali tidak dapat berenang. Tapi kita tidak perlu khawatir jika kita memahami dasar-dasar berarung jeram. Olahraga ini memang termasuk olahraga yang menguji nyali kita atau bahkan kita bisa membuatnya menjadi olahraga yang fun. Jika kita merupakan orang awam tentang arum jeram, ada baiknya kita mengambil jasa dari para operator arum jeram yang berada dilokasi yang akan kita arungi. Berikut beberapa tips yang dapat saya berikan ketika kita akan melakukan olahraga arum jeram atau bahasa kerennya rafting.

Kita harus memiliki dasar pengetahuan berenang dan mendayung. Berikut adalah tipsnya:
  1. Berenang di jeram
Memang sebuah kejadian yang sering membuat seseorang panik jika perahu terbalik atau kita tercebur ke air dari perahu dan mengharuskan kita untuk berenang di jeram. Namun kita tidak perlu takut karena kita pastinya menggunakan standar berarung jeram. Jika kita menggunakan jasa operator jeram pun kita pasti akan disediakan. Kita akan mendapatkan sekalian perlengkapan safety seperti pelampung, helm, dan tentunya helm. Dan ada baiknya jika kita menggunakan alas kaki yang sesuai untuk olahraga ini.
Nah, teknik kita dalam berenang dijeram adalah jangan pernah panik saat tubuh kita tercebur ke dalam air. Karena biar bagaimana pun pelampung yang kita gunakan akan membawa kita untuk terus terapung di air, walaupun kita tidak bisa berenang. Dan posisikan tubuh kita menghadap ke atas, kepala kita menghadap pada hilir sungai untuk menghindari kepala kita terbentur oleh batuan sungai, ya walaupun kita sudah mengenakan helm. Dan gerakkan kaki kita seperti mengayuh sepeda untuk menghindari kaki kita terbentur dengan batuan sungai. Jika kita masih memegang dayung, kita dapat menggunakan dayung tersebut untuk mengarahkan badan kita menuju perahu terdekat yang dapat menyelamatkan kita. Usahakan agar pelampung yang kita gunakan agar kencang/tidak longgar. Dan kita dapat menggunakan bantalan pelampung untuk menahan kepala kita agar tetap di atas air.
  1. Mendayung dengan teknik paddle
Mendayung, yah.. mungkin itu sebuah pekerjaan yang kita pikir mudah. Namun ingat, kita dalam sebuah tim. Kita memiliki pemimpin regu yang mengatur jalan dan arah perahu yang bernama skipper. Dalam mendayung kita harus mendengarkan dan mematuhi aba-aba dari skipper. Karena jika kita mendayung dengan seenaknya kita, skipper akan kesulitan dalam mengarahkan perahu. Dan dalam mendayung kita juga tidak perlu terlalu semngat sehingga kita malah kehabisan tenaga ditengah perjalanan. Nah, untuk itu, selalu dengarkan aba-aba dari skipper, karena merekalah yang akan me-management kemampuandan kekuatan kita. Dalam pendayungan, antara sisi kanan dan kiri hendaknya memilki kekuatan yang seimbang.
Itulah sedikt pengetahuan yang dapat saya share kan untuk anda,dan saya sarankan jika anda ingin mencoba olahraga ini, pilih waktu yang tepat. Dalam arti pilihlah waktu yang kiranya debit air sungai cukup memenuhi untuk terlaksananya pengarungan anda.
Selamat mencoba

 

About Hijaukubumiku

Jangan Pernah berhenti Untuk memperkecil Kerusakan lingkungan Satu Pohon seribu Kehidupan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Coretan Dinding

%d bloggers like this: